Tips Memilih Aksesoris Bagi Semua Bentuk Tubuh Wanita

Aksesoris pakaian memainkan peranan penting dalam melengkapi penampilan seorang wanita. Kadang kita merasa penampilan kita terasa kurang lengkap tanpa memakai aksesoris. Dengan pemilihan aksesoris yang tepat dengan acara atau tema suatu event, kita bisa menjadi pusat perhatian pada acara tersebut.

Aksesori juga dapat menutupi ketidaksempurnaan tubuh, memberikan kesan yang berbeda dari bentuk tubuh sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri anda. Pada saat yang bersamaan anda juga bisa terlihat sempurna dengan pemilihan aksesoris yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips yang harus anda perhatikan ketika memilih aksesoris yang tepat menyesuaikan bentuk tubuh anda.

 

Wanita Dengan Bentuk Tubuh Tinggi dan Besar

Bila anda memiliki bentuk tubuh yang tinggi dan besar, kadang sulit rasanya “menyembunyikan” kelebihan tubuh anda ini. Pemilihan aksesoris yang tepat untuk wanita dengan bentuk tubuh ini adalah dengan memilih aksesoris dengan ukuruan yang juga besar dan kalau bisa berbentuk horizontal. Tujuannya adalah untuk “memotong” ukuran tubuh yang besar dan pada saat yang sama untuk memberikan kesan tubuh yang lebih kecil.

Salah satu contoh pemakaian aksesoris untuk kasus ini adalah pemakaian tas selempang yang tidak memiliki kantong atau detail banyak, syal atau selendang wol tebal panjang atau pola, sepatu datar horisontal dengan bentuk persegi atau bulat. Selain itu pemakaian ikat pinggang lurus dengan bentuk yang lebar dan warna kontras, topi bertepi lebar juga terbukti sangat efektif. Pemakaian aksesoris tadi bisa mengalihkan perhatian dari tubuh anda.

Wanita Dengan Bentuk Tubuh Kecil Mungil

 

Untuk mereka yang bertubuh kecil atau mungil, yang paling penting dalam pemilihan aksesoris adalah prinsip kesimbangan. Sebaiknya jangan memakai aksesoris ukuran besar yang malah bisa “menghilangkan” tubuh kecil anda. Kalau boleh, pilihlah aksesoris seperti kaus stoking dan sepatu dengan warna yang sama dengan warna pakaian anda. Jika ingin menggunakan pakaian bermotif, sebaiknya memilih motif dengan garis-garis kecil atau vertikal.

Jika Anda ingin memakai topi, pilihlah topi yang juga berukuran kecil jangan memilih topi yang terlalu lebar. Jika Anda ingin memakai syal, sebaiknya memilih syal kecil dan tipis, bukan syal tebal karena syal besar ini  yang seperti “melilit” badan anda yang mungil.

Jika ingin menambahkan kalung hiasan, pakailah kalung berukuran kecil dan bukan dengan tali kalung yang panjang. Untuk sepatu, sebaiknya pakai sepatu dengan hak sedang atau pendek.

 

Wanita Dengan Bentuk Tubuh Kurus

Banyak wanita mengidamkan bentuk tubuh kurus karena mereka merasa bentuk tubuh ini ideal untuk memakai aksesoris jenis apa saja. Tetapi hal ini tidak benar loh, tetap juga ada aturan bagi pemilik tubuh kurus.

Bagi pemilik tubuh langsing cenderung kurus, anda harus menggunakan warna aksesoris dan ukuran yang tidak mencolok. Jadi hal ini bertujuan agar orang lain tidak menyadari tubuh kurus seperti  anda, tapi melihatnya sebagai badan yang ideal. Bila ingin memakai sabuk, sebaiknya memilih sabuk kecil dan tipis. Pemakaian perhiasan yang match adalah jenis yang kecil halus tanpa mencolok. Pakailah sepatu yang kecil yang senada dengan pakaian anda.

 

Wanita Dengan Bentuk Tubuh Besar

aksesoris wanita berdasarkan tubuh
aksesoris wanita berdasarkan tubuh

Bagi yang bertubuh besar, aturan yang sama juga berlaku seperti pemilik tubuh kurus. Perhatikan keseimbangan tubuh dengan aksesoris dengan ukuran yang sama dengan tubuh. Pilih syal besar yang bisa menutupi bagian tubuh yang membuat anda merasa kurang aman. Anting-anting, cincin, gelang yang menjadi tren, ikat pinggang besar dengan warna yang tidak kontras. Untuk memberikan kesan kaki yang lebih kecil, memilih sepatu yang tepat dan kerucut rata warna gelap.